Demam Berdarah

hai , teman teman kenalin namaku sasha . nah, diblog gue yang pertama ini gue mau ngulas tentang Demam Berdarah. yah, itung itung karena baru kena , jadi masih in memorian banget .chaaaawww..


Demam berdarah (DB) adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue, yang masuk ke peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk dari genus Aedes, misalnya Aedes aegypti atau Aedes albopictus.Jangan salah lo temen temen DB sama DBD itu beda . kalau DBD (demam berdarah dengue) itu merupakan bentuk yang lebih parah dari demam dengue karena perdarahan dan syok terkadang dapat terjadi yang dapat berakibat fatal, yakni kematian.
Ciri ciri penderita Demam Berdarah :
1.       Demam berdarah menunjukkan gejala yang umumnya berbeda-beda tergantung usia pasien. Namun secara umum :
2.       demam tinggi naik turun
3.       sakit kepala parah,
4.       nyeri di belakang mata,
5.       nyeri pada sendi dan tulang,
6.       mual dan muntah,
7.       serta munculnya ruam pada kulit.
8.       Penurunan jumlah sel darah putih (leukopenia) dan
9.       penurunan keping darah atau trombosit (trombositopenia) .
10.   Pada beberapa epidemi, pasien juga menunjukkan pendarahan yang meliputi mimisan, gusi berdarah, pendarahan saluran cerna, kencing berdarah (haematuria), dan pendarahan berat saat menstruasi (menorrhagia).

Pencegahan
 Hingga kini, belum ada vaksin atau obat antivirus bagi penyakit ini. Tindakan paling efektif untuk menekan demam berdarah adalah dengan mengontrol keberadaan dan menghindari vektor nyamuk pembawa virus dengue. Pengendalian nyamuk tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode ,yaitu :
  • Lingkungan
Pencegahan demam berdarah dapat dilakukan dengan mengendalikan vektor nyamuk, antara lain dengan menguras bak mandi/penampungan air sekurang-kurangnya sekali seminggu, mengganti/menguras vas bunga dan tempat minum burung seminggu sekali, menutup dengan rapat tempat penampungan air, mengubur kaleng-kaleng bekas, aki bekas dan ban bekas di sekitar rumah, dan perbaikan desain rumah.
·         Biologis
Secara biologis, vektor nyamuk pembawa virus dengue dapat dikontrol dengan menggunakan ikan pemakan jentik dan bakteri.
  • Kimiawi
Pengasapan (fogging) dapat membunuh nyamuk dewasa, sedangkan pemberian bubuk abate pada tempat-tempat penampungan air dapat membunuh jentik-jentik nyamuk. Selain itu dapat juga digunakan larvasida.
Selain itu oleh karena nyamuk Aedes aktif di siang hari beberapa tindakan pencegahan yang dapat dilakukan adalah menggunakan senyawa anti nyamuk yang mengandung DEET, pikaridin, atau minyak lemon eucalyptus, serta gunakan pakaian tertutup untuk dapat melindungi tubuh dari gigitan nyamuk bila sedang beraktivitas di luar rumah. Selain itu, segeralah berobat bila muncul gejala-gejala penyakit demam berdarah sebelum berkembang menjadi semakin parah.
Pengobatan
Nah , kalo buat pengobatannya sih teman teman , gue ngak terlalu tau.soalnya begitu ketauan terkena demam berdarah , gue langsung dilarikan kerumahsakit. Dan untuk pengobatannya, aduh gatau deh ampun gila banyak banget obat yang harus diminum.tapi ada sih beberapa masukan nih.kalo temen temen kena demam berdarah terus trombositnya turun , selain minum obat dokter. Minum obat yang 2 ini :

·         Angkak




                                                
·         Sari kurma

Nah  , dua dua nya itu membantu menaikkan trombosit , guys. Yaudah sekian dulu yaa blog gue. Semoga bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

hello , i am sasha!

What a Surprise !!! ♥♥♥

Finding Liberty